Sejarah Koperasi Dunia & Indonesia

A. Asal Kata

1. Inggris : Co-operation, (Co berarti bersama, Operative berarti bekerja/operasi) sehingga secara harfiah berarti bekerja sama

2. Latin : Coopere

3. Belanda : Cooperative, Cooperatieve

B. Latar Belakang

Pada abad ke 19 Koperasi pertamakali muncul. Pada saat itu terutama negara-negara barat (Eropa) merupakan sistem perekonomian kapitalis dan kaum buruh sedang berada dalam puncak penderitaan. Untuk membebaskan diri mereka (kaum buruh) dari tindasan sistem kapitalis itu, serta ikut serta meningkatkan kesejahteraan anggota masyarakat di sekitarnya, maka kaum buruh sepakat untuk menyatukan diri mereka dengan membentuk Koperasi.

C. Tokoh-tokoh Koperasi

1. Robert Owen (1771-1858)

Gerakan koperasi digagas oleh Robert Owen yang menerapkannya pertama kali pada usaha pemintalan kapas di New Lanark, Skotlandia.

2. William King (1786-1865)

Gerakan koperasi itu dikembangkan lebih lanjut oleh William King dengan mendirikan toko koperasi di Brington Inggris. Pada tanggal 1 Mei 1928 ia menerbitkan publikasi bulanan bernama The Cooperator berisi berbagai gagasan dan saran-saran praktis tentang pengelolaan toko dengan prinsip koperasi.

D. Koperasi di Indonesia

Koperasi pertama kali dikenalkan di Indonesia oleh R. Arta Wriatmadja di kota Purwokerto, Jawa Tengah pada 1896. Beliau mendirikan koperasi kredit yang bertujuan membantu masyarakat yang terlilit hutang dengan renternir.


One thought on “Sejarah Koperasi Dunia & Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s